Berbagai Macam Mahar Pernikahan

cara garis besar, mas kawin dibedakan menjadi dua macam, yaitu mas kawin berupa materi dan mas kawin berupa non materi. Berikut ini adalah beberapa contoh mas kawin yang banyak digunakan digunakan di Indonesia.
1. Logam mulia
Logam mulia atau emas juga kerap dijadikan mas kawin dalam pernikahan. Sama seperti uang, tidak ada aturan tertentu yang membatasi jumlah atau berat emas yang akan dijadikan mas kawin. Bentuk logam mulia inipun bisa bermacam-macam, bisa berupa emas batangan, koin emas, ataupun perhiasan berupa cincin kawin, kalung atupun perhiasan serupa.
2. Perlengkapan shalat
Selain kitab suci, mas kawin yang juga sudah umum digunakan bagi umat muslim adalah perlengkapan shalat bagi mempelai wanita. Sama seperti A-Quran, pemberian alat shalat ini diharapkan membuat sang istri akan rajin melakukan shalat.

Dan sama pula seperti Al-Quran, terkadang alat shalat ini juga hanya dijadikan simbol, yang apabila tidak disertakan sebagai mas kawin, mungkin akan menjadi pergunjingan.

3. Uang
Sama seperti Al-Quran dan perlengkapan shalat, mas kawin berupa uang juga sudah umum digunakan. Jumlah uangnya pun bisa bermacam-macam, sesuai kemampuan mempelai pria atau atas kesepakatan.

Di Indonesia sendiri, banyak pasangan yang menikah menggunakan mas kawin uang dengan jumlah yang unik. Misalnya disesuaikan dengan tanggal-tanggal tertentu yang dianggap bersejarah, seperti tanggal lahir atau tanggal pernikahan.

4. Al-Quran
Kitab suci Al-Quran adalah mas kawin yang sudah sangat umum digunakan bagi seluruh umat muslim, termasuk di Indonesia. Karena mas kawin tergolong sebagai hadiah dari seorang suami kepada istrinya, maka pemberian Al-Quran seperti ini biasanya disertai harapan agar sang istri selalu memelihara agama lewat Al-Quran, misalnya selalu rajin membaca Al-Quran dan mengamalkan isinya.

Namun tak bisa dipungkiri bahwa saat ini Al-Quran dianggap hanya sebagai simbol mas kawin. Apalagi di zaman sekarang, Al-Quran tidak sulit untuk didapatkan dan harganya juga cukup murah.
5. Tanah
Kekayaan berupa tanah juga bisa digunakan sebagai mas kawin. Suku Bugis di Sulawesi adalah salah satu suku bangsa di Indonesia yang kerap memanfaatkan tanah sebagai mas kawin dalam sebuah pernikahan.

6. Hewan ternak
Bila mempelai pria memiliki hewan ternak atau sanggup membelinya, maka hewan ternak bisa digunakan sebagai mas kawin dalam pernikahan. Hewan ternak yang digunakan bisa bermacam-macam, mulai dari sapi, kambing, kerbau, atau hewan ternak lainnya sesuai dengan kesepakatan.

7. Perhiasan / Cincin Kawin

apabila mempelai pria ingin memakai perhiasan seperti cincin kawin, gelang, kalung liontin dan giwang bisa digunakan untuk mas kawin dalam pernikahan. atau hanya cincin kawin saja juga bisa untuk memakai mahar pernikahan karena sesuai dengan kemampuan mempelai pria.