12 kiat kiat berumah tangga

Share Me !!!

Mengarungi bahtera rumah tangga memang bukan perkara gampang. Anda harus melewati banyak kelok- kelok kehidupan. Rasa cemburu, perselisihan dan perkelahian merupakan bumbu-bumbu kurang sedap yang akan terus mengiringi sepanjang perjalanan rumah tangga Anda. Sehingga butuh

Tentu Anda tak  berkeinginan sampai terjadi hal seperti itu bukan. Lebih baik antisipasi sejak dini akar-akar persoalan yang dapat mengganggu kebahagiaan dalam rumah tangga Anda.

Berikut 12 kiat rumah tangga senang  dan harmonis selamanya yang dapat  Anda lakukan mulai dari sekarang

  1. Jaga Komunikasi dengan Bagus

Bisa dibilang komunikasi  merupakan jantungnya suatu  hubungan dalam rumah tangga. Dikala Anda tak dapat membangun komunikasi dengan bagus, maka jangan salahkan siapapun jika rumah tangga Anda tak akan senang . Tentu akan sering kali |timbul kesalahpahaman, ketidak cocokkan, percekcokan dan lain sebagainya.

Maka dari itu, cobalah untuk membangun komunikasi yang  bagus dengan pasangan. Jika selama ini komunikasi Anda terasa dingin dan tidak berkesan, perbaikilah mulai dari sekarang. Mulailah bangun dengan percakapan ringan dan santai. Selingi  dengan candaan supaya suasana tak  terasa garing.

  1. Menjaga Kepercayaan

kiat untuk bahagiakan rumah tanggaTips rumah tangga senang  yang kedua merupakan menjaga kepercayaan masing-masing. Jika Anda dan pasangan dapat saling percaya, maka kalian telah mempunyai pondasi kuat yang susah diruntuhkan walaupun dihempas persoalan yang berat sekalipun.

Tetapi tingkat kepercayaan Anda dan pasangan lemah. Pernikahan yang Anda bangun cepat atau lambat akan hancur. Apalagi jika Anda hanya mengandalkan firasat atau prasangka yang tidak-tidak

Ini kebanyakan dialami oleh seorang istri yang mana terlalu takut suaminya menyeleweng dengan wanita lain. Banyak kejadian dimana rumah tangga berantakan dampak istri yang menuduh suami berselingkuh hanya berlandaskan pikiran negatif dan prasangka buruk.

Akan tetapi jangan juga terlalu menyimpan kepercayaan lebih terhadap pasangan sebab terkadang kepercayaan yang di beri oleh salah satu pasangan dimanfaatkan untuk hal yang tak bagus.  Misalnya melakukan perselingkuhan.

  1. Saling Menjaga Perkataan

Setiap manusia tentu memiliki sifat yang berbeda-beda. Ada yang emosional, penyabar, mudah memaafkan atau mudah sakit hati. Semua sudah menjadi garis takdir yang bisa dirubah oleh diri sendiri. Sama halnya dengan pernikahan yang mana menyatukan dua insan dalam dua sifat yang berbeda.

  1. Berupaya Saling Mengalah

Kiat rumah tangga senang yang keempat adalah saling mengalah satu sama lain. Jangan ada yang menyenangi menang sendiri. Anda berdua bukan lagi anak yang menyenangi mempertahankan keegoisan masing-masing. Mengalahlah untuk segala hal. Yang Terpenting dalam mengajarkan buah hati ataupun urusan rumah.

Nah, ketika salah satu dari Anda sudah mengalah, secara otomatis pasangan akan meredakan emosinya. Sesudah pikiran bening, barulah Anda dan pasangan membahas permasalahan agar dapat mengambil keputusan terbaik bagi Anda berdua.

  1. Selesaikan Persoalan dengan Cepat

Permasalahan demi permasalahan akan terus melanda rumah tangga Anda. Faktor ini wajar terjadi sebab manusia hidup tentunya akan selalu diberikan cobaan dari yang Maha Kuasa. Dan buktinya permasalahan dalam rumah tangga itu berjenis-jenis variasi. Mulai dari permasalahan ekonomi, permasalahan hubungan suami istri, hubungan dengan si kecil dan lain-lain.

Hendaknya tiap-tiap permasalahan yang datang seharusnya bisa dituntaskan dengan cepat. Jangan biarkan berlarut-larut yang mana malahan bisa menimbulkan permasalahan baru yang lebih serius. Utamakan untuk menuntaskan permasalahan secara bersama supaya permasalahan tersebut bisa selesai dengan baik.

  1. Jaga mutu Hubungan Suami Istri

Telah lazim terjadi jika cita-cita hubungan suami istri dalam pernikahan terkadang mengalami penurunan. Faktor ini wajar terjadi mengingat mereka sudah menikah bertahun-tahun. Jika inilah yang membuat sebagian orang alhasil mencari daerah lain untuk memenuhi keperluan biologis mereka.

Oleh sebab itu, jangan biarkan hal ini terjadi pada Anda maupun pasangan. Jagalah hubungan di ranjang dengan mengutamakan kualitas daripada kuantitas. Cobalah inovasi atau gaya baru agar tak mudah bosan.

  1. Luangkan Waktu Bersama

Pada hari libur, gunakan waktu semaksimal mungkin untuk keluarga. Suami dapat membantu membereskan rumah atau mengerjakan kegiatan mengasyikan bersama keluarga. Jika merasa bosan dirumah, sekali-kali ajak keluarga jalan-jalan ke taman atau daerah hiburan.

Menyenangi hari-hari umum. contohnya Anda sedang di kantor. Luangkan waktu untuk menelepon istri dan anak Anda.Dengan demikian itu keluarga akan tetap merasa dipandang sedangkan Anda sedang sibuk bekerja. Disamping itu, Anda juga dapat sekalian mengajarkan si kecil bahwa sedangkan kita sibuk, tetapi jangan melupakan keluarga.

  1. Jangan Membandingkan

Jangan pernah sekalipun membandingkan pasangan dengan orang lain sebab pasti akan menyinggung perasaannya. Apalagi jika yang dibandingkan adalah eks. Demikian kondisi pasangan, andalah yang memilih sendiri sebagai pendamping hidup Anda sendiri.

Sebagai contoh Anda membandingkan istri dengan tetangga yang lebih indah. Mungkin Anda melihat tetangga Anda lebih indah tetapi Anda sendiri belum tahu dalamnya seperti apa. Dapat saja dia indah sebab banyak menghabiskan uang suami untuk pergi ke salon. Sementara istri Anda sama sekali tidak pernah Anda kasih uang untuk berhias diri.

  1. Menghargai Pasangan

Apabila Anda berharap dihargai maka hargailah orang lain terutama dulu.Semisal ini juga berlaku dalam membina hubungan rumah tangga. Saling menghargai menjadi dasar penting untuk membangun rumah tangga senang.

Menghargai disini dapat dilaksanakan dengan banyak metode. Begitu istri yang seharusnya patuh dan patuh dengan suami. Jangan menyukai menjelekkan suami dihadapan orang lain. Jagalah kehormatan suami sebaik mungkin.

  1. Saling memaafkan

Saling memaafkan kekeliruan menjadi kiat rumah tangga senang selanjutnya. Ini salah satu sikap yang seharusnya dijaga oleh pasangan agar keluarga Anda terhindar dari perkelahian yang tidak perlu.

Umpamanya saja saat suami Anda terlambat pulang  sementara diitelepon tak aktif. Menyenangi tiba dirumah Anda marah marah terhadap suami Anda. Senang suami Anda sudah menjelaskan bahwa dia terkena macet dan handponenya lowbat. Yang Maha Kuasa memaafkannya. Apalagi kesalahannya sebab suatu kondisi.

  1. Saling Mengingatkan

Saling menyalahkan adalah sikap buruk yang tidak boleh dipertahankan dalam kehidupan berumah tangga. Sedikit saja kesalahan yang dilakukan salah satu pasangan bisa menjadi pertengkaran hebat. Senang akan lebih baik jika sebagai pasangan Anda bahkan mengingatkan bukannya menyalahkan.

Sebagai Contoh yakni suami anda lupa menaruh atau menyimpan cincin kawin karena kesalahannya yaitu lupa menaruh cincin kawin nya sebaiknya anda mengingatkan cincin kawin yang ditaruh suamin anda. Itulah betapa senangnya apabila saling mengingatkan antara hubungan suami istri yang harmonis

  1. Buat Pasangan senang

Banyak cara untuk menyenangkan pasangan Anda. Apalagi membuat pasangan senang, akan membuat Anda mendapatkan pahala dari Yang Maha Kuasa.

Salah satunya dengan memberikan sebuah kejutan. Semisalnya saat istri berulang tahun, Anda dapat membelikan kado yang dia inginkan. Jadikan istri sebagai ratu sehari misalnya dengan membereskan semua kerjaan dia mulai dari memasak, mencuci dan beres-beres rumah.  ini setidaknya akan membuat istri merasa senang hidup bersama Anda.

Pernikahan memang sesuatu yang indah dan cantik jika didalamnya terdapat kebahagiaan.  kiat rumah tangga senang diatas bisa Anda praktekkan agar keluarga kecil Anda dapat menjadi keluarga yang langgeng dan senantiasa harmonis.