Fakta Menarik Cincin Tunangan Untuk Pasangan Tercinta Anda

Share Me !!!

Fakta Menarik Cincin Tunangan Untuk Pasangan Tercinta Anda

Pertunangan merupakan salah satu rangkaian acara menjelang pernikahan. Umumnya moment pertunangan bersamaan dengan lamaran resmi dari keluarga calon mempelai pria. Umumnya terdapat tradisi penyematan cincin tunangan. Hmmm, kira-kira kamu tau tidak mengenai makna cincin di momen pertunangan ini? Kenapa harus disematkan di jari manis ya?

cincin tunangan

Nah, di bawah ini ada ulasan lengkap tentang fakta-fakta menarik tentang cincin pertunangan. Biar kamu tak tambah bingung, simak yuk ulasan di bawah ini!

Penyematan cincin di Jari Manis

Tahukah kamu kenapa sih cincin disemat pada tangan kiri tepatnya di jari manis wanita? Alasannya, dahulu dipercaya bahwa jari manis tangan kiri memiliki pembuluh vena yang khusus yang disebut Vena Amoris, dimana pembuluh darah tersebut akan terhubung langsung ke jantung.
Jadi, hingga kini banyak orang yang bertunangan, cincin akan disematkan pada jari manis tangan kiri.

Makna Cincin Tunangan

Makna cincin bagi setiap pasangan merupakan pengikat komitmen untuk hidup bersama selamanya, tentu beda dengan makna cincin pertunangan. Makna cincin pertunangan sendiri yaitu lebih sebagai pengikat pasangan satu sama lain untuk berkomitmen tetap bersama hingga hari-H pernikahan tiba.

Awal Mula Tradisi Tukar Cincin

Tahukah kamu bahwa tradisi tukar cincin telah ada sejak zaman Mesir Kuno dan zaman Yunani Kuno. Di zaman itu, terdapat perbedaan dari jenin cincin pertunangan keturunan bangsawan dan rakyat biasa.
Keturunan bangsawan memakai cincin kawin jenis batu mulia dan warnanya indah, sedangkan untuk rakyat biasa umumnya hanya menggunakan emas atau besi. Saat itu pun laki-laki menggunakan cincin pertunangan bertujuan untuk menunjukkan kekayaannya.

Pergeseran Makna Tukar Cincin

Bila kamu kira cincin pertunangan merupakan komiten seorang pria kepada wanita untuk tetap bersama dengan seorang wanita hinga hari pernikahan tiba dapat dikatakan tidak sepenuhnya salah. Hanya saja, zaman sekarang ini cincin pertunangan sebagai simbol cinta telah mengalami pergeseran.
Banyak pria memberikan cincin pertunangan sebagai bukti kemampuannya untuk menghidupi calon istrinya ketika sudah menikah. Namun, tak semua beranggapan demikian, kok. Kalau kamu setuju pendapat yang mana?

Bahan Cincin yang Paling Baik

Umumnya, mereka yang melangsungkan tunangan akan memilih bahan emas dan platinum sebagai ikatan pertunangan. Namun, tahukah kamu jika ada bahan yang lebih bagus yaitu Palladium. Palladium mengandung mineral murni yang berkualitas dan lebih keras dibanding dengan emas maupun Platinum.

Bagaimanapun, keberadaan cincin tunangan memberi makna yang cukup sentimental. Ada todaknya tradisi tukar cincin tentu tak harus menghalangin momen sakral lamaran kamu dan pasangan kan?