Daftar Seserahan yang Perlu Kau Persiapkan Ketika akan Menikah

Share Me !!!
Daftar Seserahan yang Perlu Kau Persiapkan Ketika akan Menikah
salah satu hal yang perlu dipersiapkan sebelum menikah merupakan menyiapkan hantaran seserahan. Sedangkan terkesan remeh, melainkan seserahan ini seharusnya dipersiapkan sebaik mungkin. Seserahan bukan cuma ungkapan cinta, tetapi juga mempunyai makna tanggung jawab pria terhadap pasangannya.
Sedangkan seserahan dipersiapkan oleh calon pengantin pria, kau juga perlu tahu loh. Tentu saja hal ini akan menolong si dia untuk mempersiapkan pernikahan.
1. Alat shalat
Alat shalat bagi pasangan muslim adalah simbol bahwa relasi rumah tangga kedua suami istri seharusnya senantiasa berpegang teguh pada agama. Seserahan berbentuk alat shalat juga bisa jadikan lambang pengingat calon mempelai pada sang pencipta.
2. Satu set cincin nikah
Sepasang cincin pernikahan menjadi simbol untuk saling melengkapi. Kehidupan rumah tangga itu seperti roda yang berputar, kadang manis, kadang pahit. Dari segala hal itu, tinggal bagaimana pasangan ini menyikapinya. Seperti sebuah roda, cincin sama bulatnya dan sama berputarnya. Karenanya lihatlah cincin pernikahanmu ketika ada permasalahan, ingatlah bahwa kau dan pasangan pernah merasa berbahagia ketika bersama.
3. Perhiasan dari emas, intan, atau berlian
Jumlahnya disesuikan dengan kesanggupan pengantin pria. Perhiasan ini mempunyai makna bercahaya dan penuh keinginan. Yang dimaksud bercahaya dan penuh keinginan di sini ialah diinginkan pengantin wanita senantiasa bercahaya di kehidupan barunya. Kecuali itu, pengantin wanita juga diinginkan tak mengecewakan keluarga barunya. Perhiasan ini seperti contoh Cincin Kawin Emas atau Cincin Emas, Gelang, Liontin, Kalung dan Giwang.
4. Seperangkat busana putri
Busana putri yang dimaksud di sini merupakan bahan kebaya dan kain jarik dari bermacam-macam motif batik. Seperangkat busana ini mempunyai makna bahwa tiap-tiap pihak, bagus pengantin pria ataupun pengantin wanita seharusnya mahir menaruh rahasia mereka berdua kepada pihak lain.
Sebagian juga ada yang memberikan seperangkat pakaian kerja, pakaian pesta, pakaian tidur sampai baju dalam.
5. Buah-buahan
Buah-buahan, terutama pisang, mempunyai makna beri sayang dan cinta. Seserahan ini bertujuan supaya cinta di antara sepasang calon pengantin dapat berguna bagi keluarga dan masyarakat.
6. Makanan tradisional
Makanan tradisional yang umum diberi untuk seserahan ialah makanan yang terbuat dari beras ketan seperti wajik, jenang, kudapan manis lapis, atau jadah. Makna makanan tradisional ini merupakan supaya cinta kedua calon pengantin ini senantiasa lengket sepanjang masa. Sebagaimana beras ketan yang sesudah dimasak akan menjadi lengket.
7. Suruh ayu
Sedangkan bukan
keperluan pasangan pengantin. Suruh ayu mempunyai makna yang cukup mbagus. Satu set daun sirih yang memiliki makna mendoakan keselamatan dan kebahagiaan kedua pengantin dan kehidupan baru yang mereka tempuh.
8. Perlengkapan makeup
Perlengkapan makeup yang ada di dalam seserahan berarti pengantin pria bersedia menjaga penampilan calon istri dengan sebagus bagusnya. Di samping itu, seserahan ini juga berarti pengantin pria bersedia menyediakan perawatan tubuh dan makeup bagi calon istrinya.
9. Sepatu
Sepatu atau selop umum disertakan dalam daftar barang seserahan. Maknanya merupakan supaya kedua mempelai siap menjalani satu kehidupan baru mereka. Kecuali itu, kedua mempelai diinginkan bisa senantiasa berada di jalan yang lurus dan menjaga kekerabatan pernikahan mereka selamanya.
10. Tas
Terakhir yakni tas. Makna filosofi pengantin perempuan diberi tas oleh pengantin pria yakni bahwa calon mempelai pria sanggup membiayai kebutuhan calon istrinya. Kalau umumnya tas dimasukkan ke dalam hantaran sepatu, karenanya khusus seserahan tas ini diberikan secara mandiri atau berdiri sendiri menjadi hantaran khusus dengan maksud dan keinginantertentu.