Kenapa Cincin Tunangan Di Sebelah Kiri dan Cincin Kawin Di Sebelah Kanan

Share Me !!!


Assalamulaikum sahabat cinta dan cincin kawin, cincin kawin adalah salah satu simbol cinta yang sudah lama ada. Cincin diibaratkan sebagai pengikat dari sepasang insan yang mencintai. Tahukah kamu sahabat, bahwa posisi cincin yang dipakai pada saat tunangan dan menikah itu berbeda. Pada saat tunangan sang pria akan memakaikan cincin di tangan kiri wanita, sedangkan pada saat menikah cincin tersebut akan dipindahkan ke tangan kanan.

Kenapa Alasannya ? yuk kita simak penjelasannya berikut ini

  1. Tradisi

tradisi memakai cincin tunangan di jari manis tangan kiri sudah ada sejak zaman Yunani dan Romawi kuno. Menurut mereka di jari manis ada yang disebut pembuluh “vena cinta”, pembuluh yang mengalirkan darah langsung ke jantung. Jadi maksud cincin dipakai di jari kiri karena yang tunangan belum resmi jadi sepasang kekasih. Mereka hanya terikat dari hati saja dan dengan memakai cincin di jari kiri, diharapkan nanti bisa membuktikan jadi ikatan cinta yang sesungguhnya. Vena cinta itu yang dipercaya masyarakat Romawi dapat menghubungkan hati sepasang kekasih untuk menjadi satu sebagai istri dan suami. Ketika menikah, baru cincin tersebut berpindah ke jari tangan kanan karena sudah resmi jadi sepasang kekasih yang sesungguhnya

2. Mayoritas dipakai

Kenapa disebut mayoritas dipakai ?

Karena Indonesia adalah yang mengikuti adat isitiadat serta aturan agama yang diikuti, maka dariitu banyak masyarakat yang memakai cincin tunangan ketika melamar pasangan anda yaitu dengan memakai di jari manis sebelah kiri. Disinilah anda menandakan bahwa anda telah serius untuk melangkah ke jejak berikutnya yaitu jejak pernikahan

Sedangkan Pernikahan yaitu memakai cincin kawin itu di sebelah kanan, kenapa disebelah kanan ? karena bentuk kesopanan dan tulus cinta pasangan anda ke anda sesuai tuntunan dan karena Allah Ta’ala. Maka dari itu jagalah cincin kawin anda, karena cincin kawin bisa menandakan anda mempunyai suami atau istri yang sah secara agama dan negara.

Nah begitulah kurang lebih alasan kenapa cincin pertunangan dipakai sebelah kiri dan cincin pernikahan dipakai di sebalah kanan. Tujuannya yaitu agar pasangan kekasih bisa menikah di kemudian hari dan lebih awet ke jenjang berikutnya seperti ke jenjang pernikahan atau siap berumah tangga untuk mempunya keturunan yang sholeh dan sholehah. Bagaimana sahabat cinta dan cincin kawin, apa kalian sudah siap untuk segera melangsungkan pertunangan atau pernikahan dalam waktu dekat ini ?

Apabila sudah dekat dengan pertunangan atau pernikahan anda yuk cek di Duta Jewellery / Cincin Kawin yang siap melayani dan berkonsultasi secara gratis kebutuhan cincin kawin atau cincin tunangan anda secara custom sesuai keinginan anda atau menyiapkan mahar seperti perhiasan dan logam mulia.

Langsung hubungi admin Duta Jewellery yang siap melayani anda.