Bukan Cuma Cinta, Ini yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menikah!

Share Me !!!

www.cincin-kawin.com

Pernikahan bukan cuma soal saling mencintai dan menautkan cincin ke jari manis, tetapi juga membutuhkan persiapan fisik, mental dan finansial. Sebelum membahas soal persiapan apa saja yang kita butuhkan untuk menikah, ada baiknya kita pahami dulu apa itu pernikahan.

Pernikahan adalah upacara mengikat janji setia seumur hidup, bukan hanya di depan penghulu, orang tua, tetapi juga janji dengan Tuhan.

Psikolog klinis dewasa khususnya di bidang relationship, Pingkan Cynthia Belinda Rumondor, S.Psi, M.Psi, menganalogikan pernikahan seperti peresmiaan suatu lembaga atau perusahaan.

“Ibarat perusahaan, lembaga ini perlu punya visi-misi dulu, untuk mencapai visi-misi tersebut, tentu butuh modal dan keterampilan. Menurut saya modalnya nggak cukup dengan cinta saja.”

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu dipahami dan diketahui terkait pernikahan dan para pasangan perlu mendiskusikan banyak hal untuk menyamakan persepsi, sehingga terbentuklah kesepakatan dalam visi-misi pernikahan.

Tiga Faktor Sebagai Modal Membentuk Rumah Tangga

www.cincin-kawin.com

Pingkan menegaskan tiga faktor ini penting untuk membangun rumah tangga :

1. Kematangan Emosi

Emosi seseorang sukar di perkirakan, ibarat roller coaster, naik-turun bahkan datar. Tidak ada rumah tangga yang berjalan mulus. Ada momen yang terkadang pasangan membuat kesal, mudah marah dan bersikap kekanakan. Di sinilah kematangan emosi masing-masing pasangan diuji.

2. Komunikasi Efektif

Komunikasi yang efektif akan menghasilkan kemampuan saling mengerti satu sama lain, bukankah itu impian setiap pasangan?

“Keterampilan komunikasi, bagaimana saling mendengarkan dan mengungkapkan itu juga sangat penting dalam sebuah pernikahan,” tuturnya.

3. Finansial

Saat kamu membahas soal keturunan, pastinya kamu sudah tahu berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan mulai dari masa kehamilan hingga pendidikan anak dan segala kebutuhan penunjang sekolah anak.

Di samping kebutuhan anak masih ada kebutuhan-kebutuhan lain yang akan kamu hadapi. Meskipun kamu bisa mengumpulkan modalnya sedikit demi sedikit, yang pasti semua kebutuhan membutuhkan uang. Jadi, masalah keuangan pun perlu perencanaan yang matang.

Selain tiga faktor penting di atas, masih ada beberapa kesiapan lainnya yang harus menjadi perhatian sebelum menikah :

Kesiapan usia

Usia ideal bagi laki-laki dan perempuan membina rumah tangga adalah untuk laki-laki minimal 25 tahun dan untuk perempuan minimal 23 tahun.

Kesiapan fisik

Setelah menikah, kehidupan tidak akan menjadi milik sendiri karena kamu sudah memiliki pasangan. Tentunya kamu harus siap mencari nafkah, mengerjakan pekerjaan rumah dan aktifitas lainnya yang tidak kamu lakukan saat kamu masih sendiri.

Kesiapan mental

Pernikahan kadang berjalan tidak sesuai dengan keinginan. Permasalahan rumah tangga sangat banyak sehingga kamu perlu menyiapkan mental untuk menghadapinya.

Kesiapan sosial

Setelah menikah, kamu akan beradaptasi dengan lingkungan baru, seperti keluarga besar pasanganmu, teman-teman pasanganmu, hingga organisasi baru yang kamu ikuti. Kamu harus mulai belajar beradaptasi dengan cepat di lingkungan baru.

Kesiapan moral

Moralitas amat penting bagi suatu keluarga. Jika sudah memiliki anak, sebaiknya ajarkan nilai-nilai moral pada anak dan keluarga.

Kesiapan interpersonal

Sebelum menikah, pastikan kamu mampu memahami dan berinteraksi dengan orang lain yang memiliki latar belakang dan pola pikir berbeda, termasuk keluarga pasanganmu. Bagaimanapun, kamu sudah berkeluarga dan akan bertukar pikiran secara continue dengan pasanganmu untuk membangun rumah tangga.

Keterampilan hidup

Contoh keterampilan hidup seperti membersihkan rumah, memasak, mengasuh anak dan menjalankan tugas sebagai seorang istri/suami/orang tua. Terkadang, kita juga dipaksa untuk berimprovisasi dalam berumah tangga.

Keterampilan intelektual

Kemampuan intelektual tercermin dari aktivitas pencarian informasi seputar kehidupan berkeluarga.

Setelah membaca persiapan pernikahan di atas, sudah berapa matang kesiapanmu untuk menikah? Jika kamu yakin sudah siap, waktunya kamu mencari cincin nikah sebagai simbol pengikat janji seumur hidup.

Duta Jewellery menyediakan layanan pembuatan cincin sesuai dengan model dan bahan yang kamu inginkan. Kamu juga bisa request bentuk cincinmu dan menyesuaikan dengan biaya yang sudah kamu tentukan.