7 Biaya Pernikahan Tak Terduga yang Wajib Diketahui!

Share Me !!!

Saat kamu siap menikah dengan pasanganmu. Kamu pasti sudah menentukan budget yang akan dihabiskan untuk menyelenggarakan pesta pernikahanmu. Mulai dari cincin pernikahan, gedung, katering, rias dan sebagainya.

Tapi ada kalanya apa yang sudah kita siapkan dan rencanakan meleset bahkan membengkak dari budget awal yang sudah ditentukan. Untuk mencegah hal ini terjadi  kamu harus mengetahui biaya yang tidak terduga itu apa saja dan dapat disiapkan sebaik mungkin. Agar tambahan biaya pernikahan tidak terduga ini bisa diperhirtungkan, berikut ini kami akan mengulas hal tersebut

  • Biaya pajak

Walaupun kamu dan pasangan sudah menyiapkan paket pernikahan yang diinginkan dan menyesuaikan dengan biaya pernikahan, tapi kamu harus mengecek ulang apakah paket pernikahan tersebut sudah masuk kedalam tax atau pajak. Jika ingin mengetahui total semua harga maka estimasikanlah kira-kira berapa total pajak yang harus kamu bayarkan ketika menggelar acara pernikahan. Dengan melakukan hal ini kamu sudah menyiapkan biaya yang tidak terduga yang sering membuat budget pernikahan menjadi sangat membengkak.

 

  • Konsumsi vendor dan panitia

Sebuah pernikahan bisa berjalan sukses tidak lepas dari campur tangan pihak vendor penyelenggara atau panitia lainnya yang mempersiapkan acara pernikahan dari awal hingga selesai. Dengan tugas seberat itu, mereka patut mendapat apresiasi dengan menyediakan konsumsi untuk para panitia dan vendor yang turut serta menyukseskan acara pernikahan. Biasanya konsumsi panitia dan vendor cukup banyak, jangan sampai lupa memasukkannya ke dalam budget pernikahan agar tidak membengkak.

 

  • Biaya transportasi

Jika ingin menyewa mobil, maka kamu harus memasukkan biaya sewa mobil ke dalam budget pernikahanmu. Selain untuk pengantin, mobil rental juga biasanya dipakai untuk menjemput saudara-saudara yang datang dari luar kota dan untuk biaya sewa mobil rental itu lumayan loh. Maka dari itu, jangan sampai biaya untuk keperluan satu ini terlewat dari catatanmu, ya!

 

  • Flower Board

Biaya tidak terduga selanjutnya yang harus kamu tahu adalah biaya membersihkan bunga.  Kamu harus memperhatikan biaya ini karena biasanya beberapa gedung pernikahan atau tempat pernikahan lainnya memberikan tambahan biaya untuk membersihkan tempat tersebut. Jadi sebaiknya sejak awal kamu mempersiapkan untuk hal ini.

 

  • Bukan vendor rekanan

Beberapa gedung pernikahan atau hotel memberlakukan sistem vendor rekanan di mana paket pernikahan yang ditawarkan harus menggunakan pilihan vendor yang sudah menjadi partner tempat pernikahan tersebut dan jika vendor yang diinginkan tidak masuk daftar, maka akan dikenakan biaya tambahan. Ada baiknya mengetahui dari awal berapa persen biaya charge yang dikenakan tempat pernikahan kamu agar bisa dipertimbangkan dengan baik.

 

  • Stationery

Kalau kamu memilih untuk mengatur pernikahan sendiri tanpa adanya wedding organizer, kamu harus mempertimbangkan biaya stationery, seperti, escort card, menu card, amlop, hingga thank you card menjadi pengeluaran biaya pernikahan yang ngga tertulis di budget pernikahan.

 

  • Biaya cadangan

Budget yang sudah disepakati jumlahnya untuk pernikahan ada baiknya digunakan secara bijak dan tidak langsung habis karena setidaknya sisihkan untuk biaya tidak terduga atau cadangan untuk mengantisipasi biaya pernikahan yang tidak terduga lainnya. Seperti misalnya pernikahan outdoor yang dirasa membutuhkan tenda untuk mengantisipasi hujan atau perubahan rencana uang akan datang secara tiba-tiba. Oleh kerenanya, pastikan kalian juga memiliki biaya untuk backup plan, jadi mulai dihitung-hitung.

Itulah beberapa biaya pernikahan tidak terduga yang harus kamu dan pasangan siapkan. Ini menjadi faktor penting agar biaya pernikahan aman dan tidak membengkak.