Fakta Menarik Edible Gold, Emang yang Bisa Dikonsumsi

Share Me !!!

 

Emas biasanya digunakan untuk membuat cincin emas atau perhiasan lainnya, tapi kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan atau minuman yang ditaburi emas. Mungkin sebagian akan menganggap itu hanya makanan yang menyerupai emas. Tapi faktanya itu emas beneran, loh!

Sama seperti bunga yang sering dijadikan garnish atau disebut juga edible flower, bunga yang tidak cuma dijadikan hiasan, tapi juga bisa dimakan. Maka emas pun demikian, sebutannya adalah edible gold. Ini merupakan emas asli.

Meskipun demikian, edible gold tidak bisa dimakan sembarangan. Perlu memerhatikan konsentrasi emas yang terkandung di dalamnya.

 

Berikut ini 5 fakta menarik tentang edible gold yang belum diketahui banyak orang.

 

1. Apa itu Edible Gold?

Adalah emas murni yang tidak berbahaya jika di konsumsi. Edible berarti bisa dimakan. Disebut edible gold karena karena jenis emas ini tidak mengandung racun dan tidak diserap oleh tubuh.

Edible gold memiliki berbagai macam bentuk seperti:  berupa bubuk, pecahan-pecahan, ataupun lembaran.

Mencampurkan edible gold akan membuat makanan dan minuman menjadi lebih mewah. Harga yang ditawarkan pun terbilang fantastis.

 

2. Jenis Edible Gold

  • Edible gold leaf berupa lembaran emas tipis, jenis ini bisa diaplikasikan dengan mudah karena tinggal ditempel

  • Edible gold flakes berupa pecahan-pecahan. Biasanya para chef menggunakan pinset untuk menaruh emas ini pada makanan

  • Edible gold dust berupa bubuk dan diaplikasikan menggunakan brush khusus.

 

 

3. Konsentrasi Emas yang Aman Dikonsumsi

Meski disebut edible gold, emas ini tidak bisa dikonsumsi sembarangan. Emas dengan kadar 22 karat sampai 24 karat atau disebut juga emas murni memiliki konsentrasi yang aman untuk dikonsumsi. Perlu diketahui juga bahwa emas tidak bisa dicerna oleh tubuh, sehinga emas yang memiliki konsentrasi rendah dan biasanya mengandung kotoran atau logam lain sangat tidak bisa dikonsumsi.

Saat kamu mengonsumsi edible gold, emas ini akan melewati saluran pencernaan begitu saja dan emas ini sama sekali tidak memiliki nutrisi.

 

4. Mengapa Emas Dicampur ke Makanan?

Menurut Chef Nina Bertha, Pastry Chef di Electrolux, edible gold tidak dapat dirasakan oleh penikmatnya. Edible gold tidak memiliki rasa maupun aroma.

Penggunaan emas pada makanan bertujuan untuk mendekorasi makanan dan memberikan kesan mewah pada makanan itu sendiri.

Biasanya makanan yang telah dicampur dengan edible gold akan memberikan kepuasan tersendiri bagi orang yang mengonsumsinya.

 

5. Makanan yang Biasa Dicampur Edible Gold

Salah satu makanan yang sering menggunakan emas adalah pastry-pastry Eropa. Selai pastry es krim dan aneka kue juga banyak yang dihias dengan edible gold. Namun, sekarang edible gold banyak dicampur untuk berbagai jenis makanan.