5 Cara Berinvestasi Emas Bagi Pemula

Share Me !!!

Berinvestasi bukan lagi hal baru bagi masyarakat. Bagi sebagian orang memiliki pendapatan tetap masih belum membuatnya tenang. Di sisi lain, tidak ada yang tahu bagaimana ke depannya nanti jika tidak memiliki cadangan keuangan. Maka berinvetasi menjadi pilihan mereka.

Apa itu investasi?

Menurut Wikipedia, Investasi adalah suatu kegiatan menanamkan modal, baik langsung maupun tidak, dengan harapan pada waktu nanti pemilik modal mendapatkan sejumlah keuntungan dari hasil penanaman modal tersebut.

Banyak jenis investasi yang bisa dilakukan, mulai dari investasi saham, deposito, tanah hingga emas. Emas tidak hanya dijadikan perhiasan atau cincin nikah.Bukan hal baru lagi jika emas dijadikan investasi karena memiliki banyak keuntungan. Emas adalah barang yang harganya cenderung naik dan jarang mengalami penurunan signifikan.

      Tapi sebenarnya bagaimana cara investasi emas yang aman untuk pemula? 

 

 1. Pastikan Tujuan Investasi Emas

Cara investasi emas yang aman ialah mengetahui dengan baik tujuannya dalam berinvestasi. Banyak tujuan yang bisa dijadikan target dalam berinvestasi emas, apakah untuk tabungan pernikahan, pendidikan, atau investasi hari tua.

Sebagai contoh, dalam sepuluh tahun ke depan kamu berencena berhenti bekerja dan memulai usaha. Selama kamu bekerja, kamu menyisihkan Sebagian gajimu untuk disisihkan dan untuk diinvestasikan. Jika sudah memiliki tujuan jelas seperti ini, kamu jadi lebih tahu besaran emas yang diinvestasikan setiap bulannya.

 

2. Pantau harga emas secara berkala

Cara berikutnya adalah memantau perkembangan harga emas secara berkala. Sekarang, memantau harga emas tidak lagi sulit dilakukan. Ada banyak situs internet dan aplikasi yang bisa memberikan perkembangan harga emas setiap harinya.

Kenapa harus dilakukan pengecekan harga secara berkala?

Emas memang menjadi alat investigasi yang paling stabil, tapi tidak dipungkiri juga emas bisa mengalami penurunan harga karena beberap factor. Meski jarang, tidak ada salahnya untuk membeli saat harga turun. Kemudian saat harga emas tiba-tiba melonjak tinggi, kamu punya pilihan menjualnya. Namun perlu dipahami bahwa investasi emas sebaiknya dilakukan untuk jenis investasi jangka panjang yakni dalam kurun waktu 5-10 tahun.

 

3. Beli emas di tempat tepercaya

Demi keamanan, ada baiknya kamu membeli emas di tempat yang menjual secara resmi dan tepercaya. Maksud dari resmi adalah yang menjual emas disertai surat-surat dan sertifikatnya karena ada penjual emas yang menyediakan logam mulia tanpa disertai sertifikat.

Ada beberapa tempat yang menjual emas batangan untuk berinvestasi. Namun Anda sebaiknya membeli emas di tempat-tempat yang menjual secara resmi dan terpercaya. Resmi yakni menjual emas dengan menyertakan surat-surat dan sertifikatnya karena ada penjual emas yang menyediakan logam mulia tersebut dengan cara cepat namun tidak disertakan dengan sertifikat. Hanya emas batangannya saja.

 

4. Tempat penyimpanan emas yang aman

Selanjutnya memperhatikan tempat penyimpanan emas. Yang paling mudah adalah menyimpannya di rumah sendiri dalam brankas atau safety box. Kamu juga bisa menyimpannya di Safe Deposit Box (SDB) yang ditawarkan pihak bank. Tentunya ada biaya tambahan jika kamu memilih menggunakan SDB. Harga untuk menggunakan SDB tergantung bank masing-masing. Untuk SDB sendiri selain emas bisa juga dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang maupun surat-surat berharga lainnya seperti sertifikat rumah atau tanah.

 

5. Fokus masa depan

Langkah selanjutnya adalah kamu harus memahami betul bahwa berinvestasi merupakan tabungan untuk masa depan, baik jangka pendek maupun jangka panjang (10-15 tahun ke depan). Jadi, saat melakukan investigasi, termasuk emas, diperlukan kesabaran. Investasi emas memang cocok untuk investasi jangka panjang.

Ingat! Berinvestasi dan jual-beli adalah hal berbeda. Jual-beli bertujuan untuk mencari keuntungan dalam waktu singkat. Karena itu dalam berinvestasi emas, kamu harus fokus terhadap tujuan dan masa depan yang ingin kamu capai. Jadi, fokus pada masa depan adalah cara investasi emas yang bisa kamu  terapkan.

 

Itulah 5 tips dan cara investasi emas yang bisa diikuti oleh pemula. Emas hingga kini masih difavoritkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia sebagai alat investasi. Sehingga penting bagi kamu yang ingin berinvestasi untuk memahami cara investasi emas. Seperti disinggung sebelumnya, salah satu penyebabnya adalah harganya yang terbilang stabil bahkan cenderung naik.